Struktur Kurikulum 2017 Rekayasa Perangkat Lunak

Mata pelajaran pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK harus sesuai struktur kurikulum yang dikeluarkan oleh PSMK. PSMK mengeluarkan Spektrum Keahlian, Struktur Kurikulum dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) menjadi acuan bagi sekolah dan guru untuk memberikan materi sesuai mata pelajaran tersebut.

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu kompetensi keahlian dari program keahlian teknik mesin. Berikut daftar program keahlian teknik komputer dan informatika menurut spektrum keahlian dari PSMK, yaitu :

  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Teknik Komputer dan Jaringan
  3. Multimedia
  4. Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

 

Daftar mata pelajaran produktif Rekayasa Perangkat Lunak :

No Kode Mata Pelajaran Produktif
1 C21 Sistem Komputer Kelas X
2 C22 Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X
3 C23 Pemrograman Dasar Kelas X
4 C24 Dasar Desain Grafis Kelas X
5 C31 Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI
6 C32A Basis Data Kelas XI
7 C32B Basis Data Kelas XI
8 C33A Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI
9 C33B Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XII
10 C34A Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Kelas XI
11 C34B Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Kelas XII
12 C35A Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI
13 C35B Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

 

Struktrur Kurikulum 2017 Rekayasa Perangkat Lunak

MATA PELAJARAN ALOKASI

WAKTU

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 318
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 212
3. Bahasa Indonesia 320
4. Matematika 424
5. Sejarah Indonesia 108
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 352
Jumlah A 1.734
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 108
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 144
Jumlah B 252
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 108
2. Fisika 108
3. Kimia 108
C2. Dasar Program Keahlian
1. Sistem Komputer 72
2. Komputer dan Jaringan Dasar 180
3. Pemrograman Dasar 108
4. Dasar Desain Grafis 108
C3. Kompetensi Keahlian
1. Pemodelan Perangkat Lunak 144
2. Basis Data 280
3. Pemrograman Berorientasi Obyek 560
4. Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak 730
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 524
Jumlah C 3.030
Total 5.016

 

Kemudian dipetakan oleh menurut sekolah masing-masing, pemetaan masing-masing sekolah bisa saja berbeda seperti tabel di bawah ini.

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4. Matematika 4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 3 3
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan

2 2 2 2
Jumlah B 5 5 2 2
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3
2. Fisika 3 3
3. Kimia 3 3
C2. Dasar Program Keahlian
1. Sistem Komputer 2 2
2. Komputer dan Jaringan Dasar 5 5
3. Pemrograman Dasar 3 3
4. Dasar Desain Grafis 3 3
C3. Kompetensi Keahlian
1. Pemodelan Perangkat Lunak 4 4
2. Basis Data 4 4 4 4
3. Pemrograman Berorientasi Objek 8 8 8 8
4. Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak 8 8 13 13
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 7 7 8 8
Jumlah C 22 22 31 31 33 33
Mulok : Pencak Silat 2 2
Total 48 48 48 48 48 48

 

Berikut acuan pembelajaran kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang dikeluarkan oleh PSMK :

Spektrum Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Unduh

Struktur Kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak. Unduh

KIKD Rekayasa Perangkat Lunak. Unduh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *